Budaya Ngutang.... (bisa jadi lama-kelamaan jadi "ngutil")

Semasa kuliah dulu, saya udah janji gak bakal ngutang-ngutang lagi. ketika masa itu, saya terlalu banyak di tolong teman-teman buat nerusin kuliah sampai lulus. bahkan tak jarang yang ngasih pinjeman duit. saya merasa tersiksa ketika mereka ngasih pinjeman. tapi, mo gimana lagi. Bapak sama emak saya, bukan termasuk orang kaya. hampir saja saya gak Lulus Kuliah. cuma gara-gara gak bisa bayar SPP pas semester akhir. (Saya kira perkara SPP bukan "cuma"..)
Nah, sekarang ketika jaman itu udah lewat. Kembali saya bergulat dengan yang namanya "Hutang" itu lagi. cuma bedanya, Hutang itu tadi datang tanpa saya minta. cukup menyenangkan bagi saya. dan untuk kali ini saya meraas tidak begitu tersisksa.
Mungkin, karena mereka yang ngasih "pinjeman" itu, saya gak kenal. jadi, pikir saya "Bodo amat..." EGP bangetlah..
Gimana nggak EGP? orang yang ngasih utangan tadi bukan lagi personal. tapi dari Instansi.
Misalnya;
1. operator Telepon selular. gak minta, mereka nawarin.
2. Kartu credit. kalo' yang ini semakin mudahnya bank ngeluarin duit kali ya?
3. Angsuran Rumah. Bayangkan saja. 250rb/bln udah bisa dapet rumah.
4. Asuransi
5. Motor... dll.
Ada-ada saja modus operandi "Pinjeman". Tapi, saya kira kita lebih pintar untuk menyikapinya. jangan sampai "pinjeman" tadi membuat kita semakin terjepit.
Negara saja "ngutang". rakyatnya juga di ajari ngutang. tapi, gak secara langsung. Ahh.. Indonesia. Pinginnya sih Praktis. tapi, kalo' kebablasan malah jadi penhjahat. apa namanya kalo' gak sanggup bayar angsuran, selain "ngutil"?
Ha..ha..ha..ha..

Komentar